Minggu, 01 November 2015

RPP-BIPA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





 

Oleh :


NAMA           : WEHELMINA MUDE

NPM               : 13.8.03.51.31.5.1.3161



 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

2015









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Pengajar BIPA    : Wehelmina Mude
Program               : Pengajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA)
Waktu                  : 1 x 30 Menit

I.        Standar Kompetensi : Penguasaan Bahasa Indonesia Tingkat Dasar
II.     Kompetensi Dasar : Kemampuan Mengetahui Nama Hari Dalam Bahasa Indonesia
III.  Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif
Produk
Proses
1.      Mampu melafalkan nama hari dalam bahasa Indonesia dengan benar
2.      Mampu menulis nama hari dalam bahasa Indonesia dengan benar
Karakter
1.      Percaya diri
2.      Jujur
3.      Berani
4.      Tanggung jawab
Keterampilan Sosial
1.      Bertanya dengan bahasa yang baik dan benar
2.      Menjadi pendengar yang baik

IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran berlangsung dengan kolaborasi metode pembelajaran langsung dengan kooperatif, pembelajar dapat :
1.      Melafalkan nama hari dalam bahasa Indonesia dengan benar
2.      Mengetahui urutan nama hari dalam bahasa Indonesia dengan benar
3.      Menulis urutan nama hari dalam bahasa Indonesia dengan benar
4.      Dapat menyanyikan urutan nama hari dalam lagu yang telah diberikan
V.    Materi Pembelajaran
Pengenalan nama hari :
1.      Senin (Monday)
2.      Selasa (Tuesday)
3.      Rabu (Wednesday)
4.      Kamis (Thursday)
5.      Jumat (Friday)
6.      Sabtu (Saturday)
7.      Minggu (Sunday)

Lagu (Song) :
Senin, Selasa, Rabu, Kamis....Jumat, Sabtu, Minggu
Itulah nama-nama hari.

VI.  Model dan Metode Pembelajaran
Model              : Pembagian Kelompok, Penjelasan, Pemberian Contoh dan Penugasan
Metode            : Kolaborasi Metode Pembelajaran Langsung Dengan Kooperatif

VII.   Media Pembelajaran : Alat Tulis

VIII.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan (± 5 Menit)
1.      Pembelajar dipersiapkan menerima pelajaran dengan memeriksa keadaan dan alat tulis menulis pembelajar
2.      Memotivasi pembelajar
3.      Pengajar dan pembelajar bertanya jawab tentang nama hari
Kegiatan Inti (± 20 Menit)
1.      Pengajar mengenalkan nama-nama hari serta contoh pelafalan
2.      Pengajar meminta pembelajar untuk melafalkan nama-nama hari
3.      Pengajar memberikan ulang contoh pelafalan yang baik dan benar
4.      Pengajar memberikan sebuah lagu dengan nama-nama hari
5.      Pengajar menyanyikan lagu dan meminta pembelajar untuk menirukan
6.      Pengajar dan pembelajar menyanyikan lagu secara bersama-sama

Kegiatan Penutup (± 5 Menit)

1.      Pengajar dan pembelajar menyimpulkan materi pembelajaran sekaligus menanyakan ada tidaknya pembelajar yang mengalami kesulitan
2.      Pembelajar mendapat tugas untuk menghafalkan lagu yang telah diberikan

IX.  Sumber Belajar : Perpustakaan Unmas
X.     Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen







Tidak ada komentar:

Posting Komentar